Senin, 07 Mei 2012

Kian Nekat, Perampok Gasak Minimarket Dekat Mapolsek Serpong
Minimarket Alfamidi 24 Jam di Jalan Letnan Soetopo BSD menjadi sasaran perampok pada Minggu (6/5/2012) subuh.
TANGERANG SELATAN - Aksi perampokan terhadap minimarket di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan, kian nekat.
Hanya berselisih 2 hari sejak perampokan di Indomaret 24 Jam, Jalan Raya Serpong, Jumat (4/5/2012) subuh, perampokan dengan menggunakan senjata api kembali terjadi pada Minggu (6/52012) subuh di Alfamidi 24 Jam, Jalan Letnan Soetopo, BSD, Lengkong Gudang Timur, Serpong.
Ironisnya, lokasi Alfamidi di seberang Sekolah Santa Ursula BSD ini hanya 600 meter dari markas Polsek Serpong di jalan yang sama. Pelaku diduga sama dengan perampok di Indomaret pada Jumat subuh.
"Ya, perampokan terjadi lagi di Alfamidi. Modusnya sama. Pelakunya sama setelah lihat CCTV," kata Kepala Polsek Serpong, Kompol Nico Andreano Setiawan, Minggu malam.
Nico mengatakan, kejadian itu berlangsung sekitar pukul 05.15 WIB. Saat itu terdapat tiga karyawan Alfamidi, di antaranya sedang membereskan barang di rak dan satu lagi berada di meja kasir atau server.
Saat itu pula tiga orang perampok memasuki Alfamidi dan menodongkan senjata. Nico mengatakan, pelaku berjumlah 5 orang. Salah satu perampok membawa pistol, tiga lainnya membawa golok, dan satu orang menunggu di luar.
Saat beraksi pelaku memakai masker dan topi. Perampok juga berkomunikasi dengan logat Betawi (Jakarta). "Mereka hanya mengubah logat saja. Kemarin Sunda, sekarang Jakarta," kata Nico.
Sama seperti kejadian sebelumnya, kali ini pelaku membawa korban ke tangga kemudian mengikat tangan dan kaki mereka dengan posisi duduk. Karyawan lain yang sedang berada server dipaksa untuk menunjukkan dan membuka brankas.
Kerugian diperkirakan mencapai Rp 33 juta. Ketika Kompas.com mendatangi sejumlah minimarket di sekitar lokasi kejadian, para penjaga minimarket menyatakan tidak tahu tentang kejadian tersebut.
Mereka umumnya hanya mengetahui kejadian perampokan pada Jumat pukul 04.15, tetapi tidak mengetahui kejadian pada Minggu subuh. Penjaga Alfamart 24 Jam di Jalan Raya Serpong Km. 8, Kartono, mengatakan, setiap hari selalu ada mobil patroli Polsek Serpong yang melintas di Jalan Raya Serpong sekitar pukul 00.00 WIB.
Patroli juga dilakukan secara swakarsa oleh warga setempat. Akan tetapi, patroli tersebut tidak pernah dilakukan setelah pukul 04.00 WIB.
"Bukan karena patroli tidak jalan. Ini berhubungan dengan waktu alias kesempatan. Kita sudah maksimal kerahkan patroli tapi jumlah patroli tidak sebanding dengan titik-titik kerawanannya sehingga pasti ada jeda waktu di mana patroli tidak ada di lokasi, sedangkan kejahatan berlangsung hanya 5 menit," kata Nico.
Dalam pengamatan Kompas.com di Alfamidi BSD, terdapat sejumlah gerai makanan di halaman minimarket tersebut.
Namun, mereka umumnya hanya buka hingga larut malam. Para penjual makanan dan penjaga parkir di tempat ini pun tidak mengetahui informasi tentang adanya perampokan pada Minggu subuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar